Simak Penjelasan Cara Mengganti Alamat Email Di OSS RBA Berikut ini!

Oleh : Arik Laksono

Selamat pagi sobat medikolegal.id yuk simak yang belum tau cara mengganti alamat email di OSS RBA tahun 2022. 

Nah sebelum mengganti alamat email, pertama Pelaku Usaha harus sudah memiliki akun OSS terlebih dahulu. untuk membuat akun OSS sobat medikolegal.id bisa langsung mengikuti langkah-langkah di website OSS ya.  

Apabila email yang diisikan pelaku usaha salah ataupun telah tidak aktif lagi maka pelaku usaha tidak bisa masuk akun OSS tersebut. Sebab, saat pendaftarannya OSS akan mengirimkan username dan password kepada pelaku usaha melalui email yang telah didaftarkan.

Baca Juga: Yuk Ketahui Perbedaan OSS Versi 1.0 dan OSS Versi 1.1 

 Berikut ini, cara mengganti alamat email di OSS : 

  1. Membuat Surat Permohonan Perubahan Data.

Membuat surat ini diperlukan oleh pelaku usaha saat melakukan pengisian email di OSS nya, apabila terdapat kendala email tidak aktif atau email salah. Perubahannya hanya dapat dilakukan oleh tim IT OSS atas permohonan pelaku usaha melalui surat permohonan perubahan data. 

Untuk surat permohonan perubahan data bisa mendownload form surat permohonan, lalu pelaku usaha melengkapi data data tersebut. 

Setelah selesai, bisa di print dan di scan. Pada keterangan perubahan, tuliskan kesalahan berupa salah input email akun OSS serta mohon dapat dilakukan perubahan email semula: xxxx, menjadi: bbbb. 

Apabila kesalahan berupa lupa email untuk login akun OSS maka tuliskan “mohon dapat dilakukan penggantian email”. Serta dikirimkan ID juga password baru ke alamat email pelaku usaha.

  1. Melengkapi Data Surat Permohonan dan Mengirimkannya ke Email OSS

Selain form permohonan, ada juga kelengkapan data surat permohonan yang diperlukan agar bisa dilakukan validasi terlebih dahulu seperti KTP Direktur, NIB, SK Kemenkumham. 

Surat permohonan diberi materai 10.000 dan ditandatangani oleh pimpinan perusahaan dengan menggunakan stempel perusahaan lalu print dengan kop surat perusahaan. 

Apabila perubahan email dilakukan oleh perorangan maka pelaku usaha terkait  tersebut yang tanda tangan. Tulis judul serta isi email yang lengkap juga lampirkan semua data dalam bentuk scan ke email OSS. 

Baca Juga : Cara Membuat Peta Polygon di OSS RBA Tahun 2022
  1. Membuat Surat Kuasa

Surat kuasa ini dibutuhkan apabila pengisian data pelaku usaha yang bersangkutan diwakilkan oleh Notaris / Orang Lain. 

  1. Menghubungi Call Center OSS

Pelaku usaha dapat menghubungi pihak OSS melalui nomor telepon yang tertera pada portal OSS RBA untuk memastikan dan mengkonfirmasi terkait perubahan email yang kita buat supaya bisa segera di proses. 

Seperti itu sobat medikolegal.id informasi tentang cara mengganti email di OSS RBA tahun 2022. Please check https://medikolegal.id/ for more information.

Referensi: 

OSS Kementerian Investasi/BKPM: https://oss.go.id

Sumber: 

Paralegal.id: https://paralegal.id.

Sumber Gambar:

OSS: https://oss.go.id/ 

Medikolegal.id
Medikolegal.id
Articles: 95